BAGIAN PENYEBAB BUSI MOTOR MATI

Sering dilakukan pengendara motor saat pertama kali mengalami masalah atau motor tiba-tiba mati di jalan yang pasti langsung menjurus ke busi. Kemudian solusi pertama adalah membersihkannya dan mencoba memasangnya kembali. Voila! Ternyata motor masih saja gak hidup. Gak selalu karena kotor, hal tersebut mungkin saja karena busi gak mengeluarkan api atau listrik. Terus apa yang bisa bikin busi mengeluarkan listrik sehingga bisa menghidupkan mesin motor? Ini dia yang harus kamu cek!

1. Busi Mati

Pastinya busi mati bisa menjadi penyebab utama. Busi mati punya ciri di bagian ujung elektrodanya sudah mengecil seperti terkikis. Sebenarnya busi mempunyai umur pakai yang cukup lama, yakni sekitar 7.000 km sampai 10.000 km. Bisa lebih pendek ataupun lama tergantung dari pecampuran bahan bakar kendaraan, kalau masih standar dan normal, dengan kata lain rutin servis membuat umur busi juga lebih panjang. 

Untuk mengantisipasi hal ini, ada baiknya untuk menyiapkan busi cadangan pada kendaraan kamu, ya. Gak perlu yang busi yang mahal, cukup dengan busi standar juga sudah sangat bagus, kok.

2. Koil Mati

Mengurut lebih ke atas lagi yang jadi penyebab kenapa busi gak memercikkan api pas diselah. Bisa juga karena koil yang memang sudah mati. Koil mempunyai peran untuk melipat gandakan tegangan yang dari cdi ataupun ECU menjadi ribuan volt. Lantas, saat koil mati atau memang sudah gak sehat menghasilkan tegangan yang gak bisa maksimal atau lebih parahnya gak ada sama sekali.

3. CDI Konslet

Cdi atau ECU mengalami konslet menjadi biang kerok selanjutnya. Sering hal ini disebabkan oleh over voltase yang harusnya 12 volt menjadi 18 volt bahkan lebih karena regulator yang rusak. Sehingga Cdi atau ECU yang mana memang gabungan komponen elektronik kompak dan sebenarnya sensitif akan mengalami imbasnya. Alhasil tidak ada tegangan yang keluar menuju koil saat hal ini terjadi.

4. Pulser Lemah

Untuk mengatur timing pengapian diperlukan yang namanya pulser. Seperti penanda atau alarm untuk cdi atau ECU kapan mereka harus mengirim tegangan pada koil menuju busi. Jika komponen yang satu ini rusak, pasti tahu yang terjadi, kan?

5. Spul Terbakar

Sebagai supply tegangan di motor kamu, nih. Kadang terbagi menjadi 2 bagian yakni spul lampu dan juga spul pengapian. Seringkali penyebab spul terbakar sering disebabkan mesin mengalami over heat akibat dari tidak rutin mengganti oli mesin. Oli mesin gak cuma melumasi tapi juga menjadi pendingin bagi komponen dalam mesin.

Pernah mengalami busi mati, apa sih yang biasa kamu lakukan? Segera cek lalu bawa ke bengkel atau mencoba sampai motor kamu bisa menyala.

SUMBER : https://www.idntimes.com/automotive/motorbike/budi-2/busi-motor-mati-c1c2?page=all

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *